Antara Hitam dan Putih


“karena nila setitik, rusak susu sebelanga”

Pepatah ini mungkin berarti bahwa karena kesalahan sedikit saja maka rusak seluruh kebaikan. Apakah itu benar??
Dalam kehidupan terdapat hal yang baik dan buruk. Terkadang kita berbuat baik dan terkadang pula kita dapat berbuat jahat. Dalam persahabatan contohnya, mungkin kita memiliki beberapa sahabat yang memiliki sifat kurang baik dan bahkan mungkin merugikan kita, tapi apakah karena itu kita menjadi musuh??

Dia mungkin sudah berbuat sesuatu yang kurang baik terhadap kita maupun orang lain, tapi apakah itu akan merusak seluruh hubungan persahabatan ini?

Begitu pula dalam dunia percintaan, baik berpacaran atau pernikahan, pasti kita akan menemukan sesuatu yang dapat merusak hubungan tersebut. Dan hal terparah yang dapat terjadi adalah putus atau bercerai.

Dengan melihat pribahasa diatas, maka akan terjawab sudah bahwa masalah atau kesalahan itu akan merusak seluruh kebaikan lainnya. Tapi cobalah kita merenung, dan melihat lebih luas lagi, mungkin dia adalah teman yang memiliki sifat yang kurang baik, tapi tidak bisa disangkal pula bahwa secara nyata dia tetap adalah seorang sahabat, saudara kita sendiri.

Dalam percintaan, mungkin dia telah merusak hubungan ini dengan perbuatannya yang kurang baik, tapi ketahuilah, apapun yang akan terjadi, baik itu putus maupun bercerai, didasar hati yang paling dalam, dia adalah orang yang sangat kita sayangi, dia adalah tempat kita berbagi suka dan duka.

Bagi diri saya, pepatah diatas tidak sepenuhnya bisa diterima, karena seburuk apapun hal yang akan terjadi oleh karena salah satu sifat yang kurang baik dari sahabat atau pasangan kita, didasar hati yang paling dalam, meraka tetap adalah seorang sahabat dan juga seseorang yang paling kita sayangi.

“janganlah memilih sesuatu pilihan itu melalui hatimu, tapi jadilah seeorang yang bisa mengontrol hatinya sendiri untuk membuat keputusan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: