Think About What I’m Thinking


Melihat bahwa suatu tindakan yang timbul dari suatu tanggapan/respon untuk membela diri dari suatu ancaman kepada dirinya, maka tindakan tersebut bisa dikatakan sebagai suatu usaha pembelaan diri dan merupakan suatu yang meringankan hukuman bila jatuh korban dari tindakan tersebut.

Dalam hal ini, bila kita menerapkannya kedalam sistem yang ada, apakah suatu tindakan masyarakat dalam hal ini para pendemo (tapi tidak termasuk bagi pendemo yang memulai aksi rusuh), apakah pembelaan diri dari tindakan aparat yang melakukan suatu kekerasan dalam tugasnya untuk MENGAMANKAN situasi dapat dibilang sebagai suatu tindakan rusuh atau mengganggu keamanan?
Bila kita melihat suatu contoh yang terjadi di abepura beberapa waktu lalu, yang menimbulkan korban dari pihak aparat oleh sikap brutal para mahasiswa dan pendemo, hal ini memang tidak dapat dibenarkan. Namun setelah itu apa yang terjadi, aparat melakukan penyisiran di kawasan kampus untuk menangkap para pendemo dengan membabi buta. Apakah hal ini benar?? Apakah aparat kebal terhadap suatu kata yaitu BALAS DENDAM??? Apakah mereka tahu orang yang mereka kejar adalah orang yang tepat atau hanya seorang mahasiswa yang tidak melakukan apa2 yang hanya lari ketakutan karena mendengar letusan senjata para aparat??

Suatu kekerasan adalah salah dimata hukum, apalagi bila itu sudah direncanakan. Jangan tutup mata kita terhadap kejadian diatas. Bukankah itu suatu kekerasan yang direncanakan??

 

Contoh lain, tahun 2004 di biak, dikibarkan bendera bintang kejora di biak untuk memperingati ulang tahun kedaulatan papua. Ratusan pelajar dan mahasiswa yang menyuarakan penolakan terhadap otonomi khusus yang dinilai gagal, di bubarkan SECARA PAKSA oleh aparat sehingga pecah bentrokkan antara massa dan aparat. Perlu saya ingatkan, pengibaran bintang kejora tidak dilarang, sebelum adanya Peraturan Pemerintah Nomor 77 tahun 2007, karena bendera bintang kejora dianggap sebagai suatu simbol kultural rakyat papua.

Sekali lagi dalam kejadian diatas , TERJADI BENTROKKAN SETELAH PERLAKUAN KASAR APARAT KEPADA MASA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: